Selain Mual, Ini Ciri – Ciri Lain Yang Menandakan Ibu Sedang Hamil

 

Ciri – ciri hamil muda tanpa mual

Mual dan muntah adalah salah satu ciri awal kehamilan yang paling mudah dikenali. Meski demikian, pada beberapa kasus ada wanita hamil yang tidak mengalami mual dan muntah saat hamil muda. Sebagian ibu hamil memang tidak mengalami mual, oleh karena itu mereka juga seringkali tidak menyadari bahwa sudah ada janin yang hadir di dalam rahimnya.

Hamil muda tanpa merasa mual bisa saja dialami oleh wanita hamil yang tubuhnya dapat mengelola peningkatan kadar hormon hCG (Human Chorionic Gonadotrophin). Hormon hCG akan meningkat dengan cepat saat hamil muda dan mual muntah cenderung terjadi bersamaan dengan melonjaknya kadar hCG.

Mual muntah juga terjadi akibat adanya perubahan fisiologis pada ibu hamil. Fungsi perubahan hormon progesterone adalah untuk menenangkan otot polos rahim yang juga mempengaruhi saluran cerna. Alhasil, pengosongan lambung menjadi terhambat sehingga lambung akan terisi gas yang mengakibatkan rasa mual dan muntah.

Hamil muda tanpa rasa mual bisa menjadi tanda bahwa kamu memiliki kadar hormon kehamilan yang rendah, sehingga membuat ibu hamil tidak mengalami morning sickness. Mengenali ciri – ciri hamil muda tidak hanya dapat dilakukan dengan hanya mengandalkan patokan mengalami mual dan muntah saja. Karena masih ada ciri – ciri lain yang bisa menandakan bahwa ibu sedang hamil, diantaranya yaitu :

1.      Payudara Mengalami Perubahan

Ciri– ciri hamil muda tanpa mual yang paling mudah dikenali adalah melalui payudara yang mengalami perubahan. Payudara menjadi lebih besar dan terasa lebih berat saat hamil. Ibu juga akan merasakan payudara sedikit nyeri karena jaringan – jaringan di payudara memang lebih sensitif terhadap perubahan hormon. Dan terdapat sejumlah kasus, dimana daerah areola menjadi lebih gelap.

2.      Mudah Merasa Lelah

Ciri – ciri hamil muda tanpa mual selanjutnya adalah tiba – tiba mudah merasa lelah atau mengantuk padahal baru saja tidur. Kelelahan adalah salah satu tanda hamil muda. Janin akan menggunakan hampir seluruh kalori yang ada di dalam tubuh dalam 2 minggu pertama pembuahan sehingga membuat energi menjadi cepat habis.

3.      Sering Buang Air Kecil

Di awal masa kehamilan, ukuran rahim ibu akan membesar dan hal itu akan mendorong kandung kemih. Kondisi tersebut membuat ibu menjadi lebih sering buang air kecil. Meskipun ibu hamil harus bolak – balik ke kamar mandi sehingga membuatnya kerepotan, maka jaga selalu tubuh agar dapat terhidrasi dengan baik, ibu hamil cukup mengonsumsi air putih saja.

4.      Sakit Punggung

Jika sebelumnya ibu tidak pernah mengalami pegal di punggung dan tiba – tiba merasakannya, maka itu bisa menandakan bahwa ibu sedang hamil. Saat hamil muda, ligamen akan melebar untuk menyiapkan tempat bagi janin untuk tumbuh dan berkembang. Hal itu membuat punggung menjadi terasa pegal. Rasa sakit punggung ini bisa berlangsung selama masa kehamilan.

5.      Sakit Kepala

Meningkatnya hormon yang dialami ibu hamil juga akan mengakibatkan sakit kepala ringan di awal masa kehamilan. Namun, sakit kepala tersebut akan hilang sendiri setelah beberapa minggu, seiring tubuh yang akan memberikan reaksi guna menyeimbangkan peningkatan hormon tersebut.

6.      Kram

Layaknya sebelum mendapat datang bulan, ibu juga akan merasakan kram saat hamil muda. Sebab, rahim sedang meregang untuk mempersiapkan kehadiran janin.

7.      Mood Swing

Ibu mungkin tiba – tiba merasa jengkel kepada suami, padahal dia hanya duduk menonton televisi. Atau ibu tiba – tiba menangis tanpa alasan yang jelas. Hormon hCG akan meningkat saat hamil dan membuat ibu hamil mudah lelah. Hal itu bisa memicu perubahan mood secara drastis.

Belum ada Komentar untuk "Selain Mual, Ini Ciri – Ciri Lain Yang Menandakan Ibu Sedang Hamil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel