Cara Kerja Heatpump Water Heater

 

heat pump water heater

Meskipun belum banyak yang familiar, Heatpump sebenarnya adalah sebuah perangkat multifungsi yang dapat memanfaatkan panas untuk menghangatkan atau mendinginkan ruangan. Selain itu, heat pump water heater juga bisa digunakan untuk menghasilkan air hangat yang memenuhi kebutuhan sehari-hari kita.

Heatpump water heater adalah sebuah perangkat yang memanfaatkan tenaga listrik untuk mengalirkan panas dari satu tempat ke tempat lainnya. Prinsip kerjanya berbeda dengan pemanas air konvensional. Biasanya, para pemilik rumah yang menggunakan Heatpump ini utamanya memanfaatkannya untuk mengatur suhu dalam ruangan, yang cukup menarik adalah bahwa perangkat ini bisa diatur untuk hanya memanaskan air. Bahkan lebih mengagumkannya lagi, Heatpump mampu menjalankan dua fungsi sekaligus, yakni menghangatkan air dan ruangan.

Cara Kerja Heatpump Water Heater

Cara kerja Heatpump water heater sangat mirip dengan pendingin, tetapi beroperasi secara berbeda. Sementara pendingin mengeluarkan panas dari dalam ruangan, Heatpump water heater justru mengekstrak panas dari lingkungan sekitarnya dan menggunakannya untuk memanaskan air dalam tangki penyimpanan hingga mencapai suhu yang diinginkan.

Anda memiliki dua pilihan dalam memilih Heatpump water heater. Pertama, Anda bisa memilih sistem Heatpump mandiri yang sudah dilengkapi dengan tangki penyimpanan air dan elemen pemanas cadangan. Alternatif lainnya, Anda juga bisa membeli unit Heatpump secara terpisah dan mengintegrasikannya dengan pemanas air kamar mandi konvensional yang sudah ada di rumah Anda.

Untuk memastikan kinerja yang optimal, pemasangan Heatpump water heater harus mengikuti pedoman tertentu. Secara umum, perangkat pemanas ini sebaiknya dipasang di lokasi dengan suhu yang relatif konstan sepanjang tahun, minimal berkisar antara 4,4º - 32,2 derajat Celsius. Selain itu, perangkat ini juga sebaiknya ditempatkan di area yang memiliki cukup ruang udara, setidaknya sebesar 28,3 meter kubik. Udara yang mengalir melalui komponen evaporator dapat dikeluarkan baik ke dalam maupun luar ruangan.

Dikarenakan Heatpump water heater tidak menggunakan daya listrik untuk menghasilkan panas air, melainkan mengambil panas dari lingkungan sekitar, secara teoritis, penggunaannya jauh lebih efisien dan hemat energi. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa Heatpump water heater mungkin tidak akan berfungsi secara optimal di daerah dengan suhu yang rendah sepanjang tahun.

Untungnya, di Indonesia, masalah seperti itu umumnya tidak menjadi kendala, terutama karena negara ini memiliki iklim tropis. Singkatnya, memasang Heatpump water heater di Indonesia umumnya tidak akan menimbulkan banyak masalah karena persyaratan suhu yang relatif stabil seperti yang telah dijelaskan di atas bisa dengan mudah terpenuhi.

Komponen Heatpump Water Heater

Ketika kita membahas komponen dalam Heatpump water heater, semuanya mirip dengan pemanas air konvensional lainnya. Heatpump tetap memiliki elemen seperti tangki penyimpanan air, kompresor, evaporator, kondensor, kipas, dan termostat. Pada umumnya, Heatpump untuk memanaskan air juga memiliki saluran air dingin yang berfungsi sebagai jalur untuk air dingin dari sumber air rumah Anda.

Selain itu, ada saluran khusus yang mengarahkan air panas siap pakai ke seluruh anggota keluarga yang ingin mandi hangat. Terakhir, terdapat keran di bagian bawah tangki yang bisa digunakan untuk mengosongkan air di dalamnya.

Teruslah mencari cara-cara untuk hidup yang lebih berkelanjutan, dan teknologi Heat pump water heater adalah salah satu langkah menuju masa depan yang lebih hijau.

Miliki heat pump water heater impian anda dari PAI (Pemanas Air Indonesia) yang sudah berpengalaman menyediakan pemanas air heat pump dan juga pemanas air jenis lain untuk segala kebutuhan. Cek katalog produknya di website Pemanas Air Indonesia sekarang juga!

Belum ada Komentar untuk "Cara Kerja Heatpump Water Heater"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel