Panduan Menggunakan Fitur Pemberitahuan Harga di Aplikasi Tradesmart untuk Mengejar Peluang Investasi

 

aplikasi trading saham

Dalam aplikasi trading saham, sangat penting untuk melihat berbagai indikator yang tersedia seperti sinyal perdagangan saham. Sifat indikator ini sudah seharusnya ditampilkan secara real-time sehingga mempermudah pengambilan keputusan tentang transaksi saham yang akan dilakukan.

Fitur Sinyal Perdagangan di RHB Tradesmart ID

Sebagai salah satu aplikasi trading dan investasi saham terbaik di Indonesia, RHB Tradesmart ID tentu tidak ketinggalan menyediakan fitur-fitur terbaik untuk membantu para trader dan investor dalam menjalankan transaksi perdagangan saham.

Salah satu fitur yang dimaksud bernama ARO (Assisted Robo Optimization). Guna mempermudah pengambilan keputusan para trader, fitur ini juga dibekali dengan layanan tambahan Automatic Support and Resistance. Fungsinya juga beragam, yakni:

1. Menambah wawasan pasar bagi para trader

ARO menjadi fitur pada aplikasi saham yang dapat memberikan analisis teknis maupun strategi investasi secara langsung dan real time. Bagi para pemula, fitur ini tentu dapat menjadi fitur pembelajaran dan analisis saham yang sedang diincar.

Tidak hanya berguna bagi para trader pemula, fitur yang tersedia ini juga akan sangat berguna bagi mereka yang sudah berpengalaman sekalipun. Dengan adanya fitur ini, setiap trader akan mendapat panduan lanjutan dari aktivitas saham yang selama ini dijalankan.

Dengan demikian, wawasan mengenai kondisi pasar akan didapatkan secara merata bagi setiap trader. Baik investor pemula maupun yang sudah berpengalaman sama-sama akan mendapat kesempatan untuk meraih hasil yang maksimal dari setiap momentum.

2. Membantu pembuatan keputusan perdagangan saham

ARO mempunyai salah satu opsi layanan yang bernama Automatic Support and Resistance. Layanan ini tersedia dalam kolom tabel tersendiri sehingga dapat diakses secara mudah. Dengan begitu, Smart People tidak harus membuka chart atau grafik yang terlihat kompleks dan sulit dibaca.

Seperti yang sudah diketahui support dan resistance sendiri merupakan istilah yang sering ditemui dalam dunia perdagangan saham. Support menjadi titik terendah atau batas bawah harga saham, sementara resistance menjadi area tertinggi yang tidak dapat ditembus kenaikan harga.

Umumnya, kedua indikator ini diilustrasikan dengan garis atau persegi panjang. Akan tetapi, para pemula tentu akan kesulitan dengan grafik seperti ini. Smart People dapat memanfaatkan ARO untuk mempermudah pembacaan indikator guna membuat keputusan perdagangan yang lebih tepat.

3. Simulasi dan skenario perdagangan nyata

Penggunaan fitur ARO sejatinya dapat menjadi simulasi dari perdagangan saham yang dilakukan oleh para trader. Terlebih, indikator yang tersedia pada ARO sangat lengkap, mulai dari harga setiap kode saham hingga informasi sinyal dan keadaan saham dari waktu ke waktu.

Jika Smart People sudah yakin dengan salah satu saham yang diinginkan, Smart People juga dapat langsung mengakses tombol “Buy” atau “Sell”. Langkah ini nantinya akan membawa Smart People pada skenario perdagangan saham yang diinginkan.

Apabila masih kebingungan, tersedia fasilitas Online Trading dengan opsi layanan Demo yang akan memberikan Smart People gambaran bagaimana melakukan transaksi saham seperti trader profesional. Jika sudah siap menjalankan transaksi sesungguhnya, Smart People tinggal menggunakan akun yang telah didaftarkan sebelumnya.

Cara Menggunakan Fitur ARO Technical

Tidak jauh berbeda dari aplikasi trading saham kebanyakan, fitur ARO pada RHB Tradesmart ID dapat diakses apabila Smart People sudah memiliki username investor dan password. Untuk menjalankan fitur ini, secara umum berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

1. Login ke akun RHB Tradesmart ID

Pastikan Smart People sudah login dan masuk ke akun trader RHB Tradesmart ID dengan memasukkan username dan password. Apabila lupa password, Smart People dapat melakukan recovery pada halaman login akun.

2. Klik sub-menu ARO

Langkah selanjutnya yakni dengan mengklik sub-menu ARO pada tampilan awal aplikasi. Smart People dapat mengulik setiap menu untuk lebih memahami fitur yang tersedia. Beberapa contohnya seperti fitur ARO Signal, Value Analyzer, Order, Quote, dan sebagainya.

Ambil contoh seperti ARO Signal yang merupakan penanda saham apa saja yang sedang menjadi tren. ARO Signal juga memberi informasi real-time mengenai persentase naik-turunnya IHSG. Tersedia juga informasi mengenai saham apa yang sedang mengalami “Bull”, “Bear”, hingga “Hold”.

3. Cek kolom Support dan Resistance

Langkah selanjutnya dengan cek kolom Support dan Resistance yang ada di bagian bawah. Smart People akan dapat mengetahui bahwa titik batas bawah “Support” diberi penanda warna merah sementara “Resistance” diberi warna hijau.

Hal ini tentu akan memberi kemudahan bagi para trader maupun investor untuk membaca kolom tersebut sehingga dapat diketahui sinyal jual dan beli. Smart People juga akan mengetahui kapan sebaiknya memanfaatkan momentum yang ada.

4. Perhatikan kolom Commentary

Untuk lebih mempermudah proses analisis teknikal, manfaatkan juga fitur Commentary yang ada di bagian bawah aplikasi RHB. Fitur ini menunjukkan panduan berbahasa Indonesia yang berisi overview, pergerakan harga, hingga mapping jangka pendek.

Itulah beberapa hal menarik mengenai fitur sinyal perdagangan pada aplikasi trading saham RHB Tradesmart ID yang diaplikasikan dalam fitur ARO. Bagi para trader, fitur tersebut sudah pasti akan membuat keputusan transaksi semakin mudah didapatkan guna mendapat hasil yang diinginkan.

Untuk menikmati fitur-fitur lain yang disediakan, segera buka akun dan percayakan saja proses investasi dan trading Smart People dengan RHB Tradesmart ID. Download aplikasi RHB Tradesmart ID dari Play Store atau App Store sekarang juga!

Referensi:

Melani, Agustina. (2022). Trivia Saham: Kenali Itu Level Support dan Resistance, hingga Fungsinya. Liputan6.com

Tim Redaksi. (2022). 3 Fitur Pintar ARO, Smart Analyzer dari RHB Tradesmart. RHB Tradesmart

Tim Redaksi. (2023). Manual Book Mobile App Versi 4.0. RHB Tradesmart

Belum ada Komentar untuk "Panduan Menggunakan Fitur Pemberitahuan Harga di Aplikasi Tradesmart untuk Mengejar Peluang Investasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel