Tips agar Irit BBM saat Berkendara, Anda harus Tahu!

 

perusahaan leasing terbaik di Indonesia

Salah satu alasan banyak orang memanfaatkan jasa perusahaan leasing terbaik di Indonesia untuk membeli mobil adalah agar lebih terjangkau. Namun, dengan pembelian secara kredit artinya Anda akan memiliki tambahan pengeluaran setiap bulannya untuk membayar cicilan. Padahal mobil Anda sendiri akan membutuhkan biaya juga, seperti untuk pembelian bahan bakar.

Agar pengeluaran Anda untuk kebutuhan ini tidak terlalu besar, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghemat bahan bakar mobil:

Menjaga jarak dan ikuti batas kecepatan

Selain penting untuk keselamatan, menjaga jarak dengan kendaraan yang ada di depan juga bisa membuat konsumsi BBM lebih irit, loh. Pasalnya, ketika Anda mengerem mendadak dan menekan gas lagi untuk mengembalikan kecepatan, maka hal itu akan membuat BBM lebih boros.

Sebaiknya Anda mempertahankan laju mobil dalam batas kecepatan tertentu. Hindari terlalu sering dan terlalu dalam menginjak pedal akselerasi serta mengerem secara mendadak supaya tidak boros dalam penggunaan BBM.

Tambah kecepatan secara bertahap

Untuk menghemat BBM dan mendapatkan akselerasi yang diinginkan, pastikan Anda mengatur gas secara bertahap. Hindari menginjak gas secara cepat dan mendalam setelah mengurangi kecepatan mobil.

Mengatur putaran mesin mobil

Untuk lebih menghemat BBM, idealnya Anda perlu mengatur putaran mesin pada 2.500-3.000 rpm dengan cara menginjak pedal gas secara perlahan.

Menggunakan gigi yang tepat

Sesuaikan penggunaan gigi dengan kondisi di lapangan karena penggunaan gigi yang tidak tepat akan menguras banyak BBM. Sebagai contoh, ketika menanjak, gunakan posisi S atau L pada transmisi matic dan gigi 1 atau 2 pada transmisi manual.

Matikan mesin jika berhenti lama dan pilih tempat teduh

Jika ingin berhenti lama, maka sebaiknya mesin dimatikan untuk menghemat konsumsi BBM.  Selain itu, pastikan memilih tempat parkir yang teduh. Tidak hanya menjaga keawetan cat, memarkir mobil di area yang teduh dapat menghindari terjadinya penguapan pada tangki BBM.

Membersihkan saringan udara

Saringan udara yang kotor akan berpengaruh pada konsumsi BBM. Pasalnya, efisiensi dan tenaga mesin yang berkurang akan membutuhkan lebih banyak BBM. Untuk itu, lakukan pembersihan secara berkala dan segera ganti jika tidak berfungsi.

Lakukan service secara berkala

Salah satunya dengan tune-up mobil yang akan membuat BBM lebih irit.  Dengan cara ini, kotoran pada bagian busi dan koil akan hilang sehingga putaran mesin semakin lancar dan ringan.

Bawa barang seperlunya

Beban berat akan menguras BBM lebih banyak, sebaiknya disesuaikan dengan kapasitas yang dianjurkan. Hindari membawa banyak barang di atas mobil, karena bisa meningkatkan hambatan angin dan memperlambat laju kendaraan.

Dengan tips irit BBM di atas, Anda bisa berkendara dengan lebih nyaman dan hemat biaya. Semoga memberikan banyak manfaat, ya!

Belum ada Komentar untuk "Tips agar Irit BBM saat Berkendara, Anda harus Tahu!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel