Perbandingan Honda Freed Bekas dengan Toyota Sienta

 

Honda Freed Bekas

Honda freed bekas masih menduduki jajaran kendaraan yang masih terus dicari di kalangan keluarga. Mobil ini mengutamakan tampilan, kapasitas duduk, dan kualitas dalam berkendara. Kendati sudah tidak diproduksi kembali Toyota freed di Indonesia, versi bekasnya masih banyak yang mencari. Sejak 2015 mereka sudah memutuskan untuk stop produksi dan stop penjualan pada tahun 2017.

Nah menggantikan Honda freed terdapat Toyota sienta sebagai kendaraan yang juga banyak peminatnya baik yang versi baru maupun yang bekas. Dan kali ini kita akan mencoba membandingkan kedua kendaraan favorit keluarga ini dan mempertimbangkan apakah worth it membeli Honda freed bekas?

Beberapa Spesifikasi Perbandingan Antara Honda Freed Bekas dan Toyota Sienta

Saat kita akan membeli mobil, maka pilihannya ada dua dimana kita mebeli mobil baru dengan teknologi yang baru pula atau membeli bekas dengan harga yang terjangkau. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membandingkan dua mobil besutan Honda dan Toyota yang mana keduanya merupakan mobil keluarga yang bisa kamu jadikan pilihan tentunya.

1. Dimensi

Untuk Honda freed bekas mempunyai ukuran dimensi 4215mm x 1700mm x 1735mm. Sedangkan untuk Toyota sienta memang cenderung pipih yaitu 4235mm x 1695mm x 1695mm. Secara dimensi ini kita sudah bisa melihat bahwa Honda freed mempunyai bodi yang ramping dan lebih tinggi. Sehingga akan terkesan lebih mewah dan elegan ketika kamu kendarai.

Dimensi kedua mobil ini tentunya mempengaruhi desain bagasinya. Dimana Toyota sienta mempunyai ruang bagasi yang cenderung lebih besar ketika kursi bagian belakang berfungsi normal atau tidak terlipat.

2. Mesin

Saat kamu mengunjungi bursa mobil bekas pastinya seorang dealer akan menawarkan banyak pilihan mobil. Salah satunya Honda freed bekas, dimana apabila kita perbandingkan dengan Toyota sienta yang baru Honda freed lebih unggu karena mesinnya yang lebih responsif.

Mesin yang responsif pada Honda freed diakibatkan oleh kapasitas mesinnya yang sebesar 1500 cc dengan menggunakan transmisi AT bukan CVT. Sehingga Honda freed menggunakan oli transmisi ATF yang seperti biasa. Hal inilah yang membuat mesin mereka lebih handal daripada CVT. Hanya saja menurut beberapa review Honda freed akan membutuhkan bahan bakar yang lebih boros daripada Toyota sienta yaitu 7,5 km/liternya.

Sedangkan jika kita memperhatikan Toyota sienta mereka menggunakan kombinasi mesin dual VVT-I dengan transmisi CVT yang mana membuat tarikan mesin menjadi berat. Akan tetapi Toyota sienta akan lebih hemat terhadap bahan bakar. Dan pada mobil ini juga terdapat fitur ECO sehingga lebih ramah lingkungan. Namun memberikan efek pada tenaga mesinnya yang menjadi lebih berat tarikannya. Toyota sienta menghabiskan bahan bakar satu liter untuk 11 km perjalanan. Nah solusi agar tarikannya tidak berat adalah dengan meng-adjust timing dual VVT-I sehingga bisa membuka lebih cepat dan menjadikan kerja mesin lebih responsive.

3. Kabin

Saat kamu melihat-lihat Honda freed bekas di bursa mobil bekas maka kamu akan mendapatkan bahwa terkait kenyamanan penumpang Honda freed jauh lebih unggul daripada Toyota sienta. Karena terdapat captain seat di Honda freed. Dan layout kursi sampai baris ketiga masuk dalam kategori longgar sehingga lebih nyaman. Namun memang akibatnya bagasi akan lebih sempit ya daripada Toyota sienta.

Pada Toyota sienta belum menggunakan captain seat dan kursi baris ketiga mempunyai ruang paling sempit. Sehingga agar penumpang bisa duduk nyaman, maka baris kedua harus memajukan setengah kursinya. Dan ketika kursi baris ketiga terlipat dan bisa tersembunyi di kolong kursi baris kedua kita bisa rebahan secara maksimal tanpa khawatir mentok ke belakang.

4. Fitur

Namun sayarnya fitur pada Honda freed bekas ternyata kurang unggul apabila kita bandingkan dengan Toyota sienta. Dimana pada Toyota sienta kita akan menemukan knee airbags sebagai tambahan, sudah menggunakan rem cakram pada keempat bannya, mempunyai Hill Start Asist Control serta vehicle stability control. Selain itu juga ada automatic head lamp leveling untuk pengaturan lampu utama. Kemudian terdapat fitur globe box untuk minuman dingin.

5. Kaki-Kaki Mobil

Saat kamu membandingkan kaki mobil Honda freed bekas dengan Toyota sienta maka Honda freed lebih unggul dan kuat dari Toyota sienta. Perbaikannya pun mudah untuk Honda freed, pada penggunaan 6 tahun kamu hanya perlu mengganti bushing saja. Sedangkan pada Toyota sienta penggunaan 5 tahun kamu perlu ganti komponennya karena sudah berbunyi dan mengganti bushingnya juga.

Itulah tadi uraian yang bisa kta berikan terkait dua mobil MPV ini. Nah apabila kalian membutuhkan mobil dengan durabilitas dan kenyaman yang bagus maka boleh kalian memilih Honda freed bekas saja. Kalian bisa mencarinya di bursa mobil bekas dengan harga kisaran 150jt sudah dengan captain seat.

 

Belum ada Komentar untuk "Perbandingan Honda Freed Bekas dengan Toyota Sienta"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel