Ingin Mendapatkan Banyak Pahala? Baca Sholawat Ini

 


Sebenarnya terdapat beberapa versi mengenai bacaan sholawat Nabi. Meski berbeda, namun pada masing-masing versi bacaan sholawat tersebut sama-sama bertujuan untuk memanjatkan pujian kepada junjungan kita yakni Nabi Muhammad SAW.

Menurut informasi yang didapat dari berbagai sumber media Islam, yang menyebutkan bahwa Allah SWT telah menjanjikan bagi siapa saja yang suka bersholawat akan mendapatkan syafaat di akherat kelak nanti. Lantas, bagaimana hukum bersholawat dalam Islam?

Hukum bersholawat telah diabadikan dalam Al Quran pada surat Al Ahzab ayat 56 yang berbunyi : Innallaha wa mala ‘ikatahu yusalluna ‘alan-nabiyy, ya ayyuhallazina amanu sallu ‘alaihi wa sallimu tasll ma.

Artinya : “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikatNya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”.

Macam-macam Sholawat Nabi Beserta Artinya

1. Shalawat Nur Al-anwar

Allahumma shalli alaa nuuril anwaari wasirril asraari, watiryaaqil aghyaari wamiftaahi baabil yasaari, sayyidinaa wamaulanaa Muhammadinil muhtaari wa aalihil ath haari wa ash haabihil ahyaari adada niamilaahi wa ifdhaalih.

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada cahaya dari segala cahaya, belakang layar dari segenap rahasia, penawar sedih dan kebingungan, pembuka pintu kemudahan, yakni junjungan kami, Nabi Muhammad SAW yang terpilih, keluarganya yang suci, dan para sahabatnya yang mulia sebanyak hitungan nikmat Yang Maha Kuasa dan karunia-Nya”.

2. Shalawat Fatih

Allahumma shalli wa salim wa barik ‘ala sayyidina Muhammadinil fatihi lima ughliwa, wal khatimi lima sabaqa, wan nashiril haqqa bil haqqi, wal hadi ila shiratin mustaqim. Shallallahu ‘alayhi, wa ‘ala alihi, wa ashhabihi haqqa qadrihi wa miqdarihil ‘adzim.

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah sholawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kamu, Nabi Muhammad SAW pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah limpahkan shalawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung”.

3. Shalawat Ibrahimiyah

Allahumma solli ‘alaa Muhammad, wa ‘alaa aali Muhammad, kama sollaita ‘alaa aali ibroohim, wa baarik ‘alaa Muhammad, wa ‘alaa aali Muhammad, kamaa barokta ‘alaa aali ibroohim, fil ‘aalamina innaka hamiidummajiid.

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan untuk Nabi Muhamad. Dan juga limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat dan keselamatan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Limpahkanlah keberkahan kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah melimpahkan keberkahan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Di seluruh alam semesta, sesungguhnya Engkau adalah Maha Terpuji lagi Maha Agung”.

4. Bacaan Sholawat Nariyah

Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wasalim salaaman. Taman ‘ala sayyidina Muhammadi lladzi tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu. Wa tuqdhobihil hawaaju wa tuna lu bihiro ‘ibu wa husnul khotima wa yustaqol ghomawu biwajhihil kariim wa ‘ala aalihi washohbihi fii kulli lamahatin wa hafasim bi’adadi kulli ma’lu mi laka.

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujan pun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau”.

 

 

 

 

 

Belum ada Komentar untuk "Ingin Mendapatkan Banyak Pahala? Baca Sholawat Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel