Penerapan Kurikulum Merdeka di ajaran Tahun Baru




Kurikulum merdeka merupakan satuan pendidikan yang termasuk pemulihan  dari pembelajaran 2022 sampai dengan 2024.

Dalam kementrian pendidikan serta kebudayaan riset dan teknologi telah mengeluarkan suatu kebijakan mengenai pengembangan kurikulum merdeka.

Kurikulum merdeka sendiri tentu memiliki tujuan yakni memberikan pemulihan terhadap pembelajaran di satuan pendidikan selama 2022-2024.mMengingat hal tersebut dilakukan berdasarkan evaluasi selama masa pemulian pembelajaran.

Mengingat kondisi ini adalah masa pandemi maka munculnya banyak kendala dalam proses belajar mengajar yang terjadi di satuan pendidikan. Dimana dampak yang dirasakan sangat signifikan. Kurikulum 2013 yang sudah diterapkan sebelum masa pandemi menjadi salah satu kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran. 

Nah pada masa sebelum terjadinya pandemi kemendikburistek juga mengeluarkan suatu kebijakan untuk penggunaan kurikulm 2013 dan kemudian lebih disederhanakan menjadi kurikulum yang sifatnya darurat dengan tujuan untuk memudahkan bagi sekolah atau satuan pendidikan dalam menerapkan pembelajaran.

Baca juga : Contoh kurikulum Merdeka

Kurikulum merdeka menjadi angin segar bagi satuan pendidikan karena diyakini akan mempermudah satuan pendidikan dalam pengelolaan pembelajaran .

Pemulihan pembelajaran pada tahun 2022 sampai dengan 2024 kemendikburistek mengeluarkan yakni sebuah kebijakan dimana sekolah yang ternyata belum siap menggunakan kurikulum merdeka masih dapat menggunakan kurikulum 2013 untuk mengelola proses pembelajaran disekolahnya. Dan juga bisa menggunakan kurikulum darurat yang merupakan modifikasi dari kurikulum 2013. 

Kurikulum merdeka merupakan pilihan untuk satuan pendidikan yang juga siap dilaksanakan.

Untuk lebih jelasnya penerapan kurikulum merdeka, bisa mengunjungi web www.rumahbelajarsmart.com disini anda juga bisa menemukan penjelasan secara detail mengenai kurikulum merdeka dan bagaimana penerapannya serta contoh membuat rpp kurikulum merdeka.

Tahun 2024 akan menjadi penentuan kebijakan kurikulum secara nasional semua berdasar evaluasi terhadap kurikulum, pada masa pemulihan pembelajaran. Nah evaluasi inilah yang menjadi dasar acuan dari kemendikburistek dalam rangka mengambil kebijakan selanjutnya sebagaimana lanjutan pasca pemulihan pembelajaran.

Demikian paparan mengenai kurikulum merdeka, semoga bermanfaat.








;

Belum ada Komentar untuk "Penerapan Kurikulum Merdeka di ajaran Tahun Baru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel