Cara Membuat Pot Bunga dari Beton Instan Indokon

Beton Instan Indokon


Beton instan indokon terkenal karena kualitasnya yang menjamin sebuah bangunan bisa berdiri kokoh dan mempunyai kekuatan tekan yang maksimal. Selain menggunakannya dalam proses pembangungan kamu juga bisa memanfaatkan beton sebagai pot bunga dan menghias taman di rumahmu.

Proses pembuatannya juga mudah, kamu bisa mempunyai pot bunga yang kokoh dengan berbagai bentuk sesuai dengan kreativitasmu. Namun sebelum kita membahas lebih jauh terkait cara pembuatan pot bunga dari beton indokon, kita kenali terlebih dahulu karakteristik beton instan indokon.

Karakteristik Beton Instan Indokon

Indokon merupakan produk beton instan jenis dry concrete yang terdiri dari semen, pasir, berbagai batu pecah, dan tambahan senyawa kimia yang dicampur hingga homogen. Biasanya mereka mengemasnya dalam kemasan karung 50kg/sak. Penggunaannya pun mudah loh karena kamu hanya perlu menambahkan air dan bisa langsung menggunakannya.

Berikut ini adalah beberapa karakteristik dari beton instan indokon yang bisa kamu gunakan sebagai bahan bangunan berbagai jenis.

  • Menggunakan bahan baku yang berkualitas tinggi baik itu dari semennya, batuannya, pasirnya dan kimia tambahannya.
  • Lulus uji QC dari tim produksi sehingga produk sudah pasti sesuai dengan standar beton terbaik.
  • Membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan dengan hasil yang maksimal karena bahan yang akan kamu gunakan sudah berkualitas.Mempunyai efisiensi dan juga efektivitas waktu serta biaya. Dimana hal tersebut mempengaruhi lama pengerjaan bangunan, penggunaan material menjadi lebih efisien, penumbukan bahan bangunan menjadi lebih rapid an pastinya lokasi proyek menjadi lebih bersih.
  • Mudah untuk kamu gunakan dan tidak membutuhkan keahlian khusus dalam mengaplikasikannya sehingga lebih praktid juga.
  • Banyak referensi proyek yang menggunakan beton indokon sebagai bahan bangunan mereka. Karena mereka menginginkan kualitas terbaik dari bangunan.

Bedanya jika kamu menggunakan beton konvensional atau buatan sendiri ialah setiap kamu membuat adonanya kamu bisa mendapatkan kualitas beton yang berbeda. Tentunya hal tersebut juga mempengaruhi kekuatan tekanan dari beton tersebut. Oleh karena itu jika kamu menginginkan bangunan yang kokoh gunakan saja beton dari indokon. Selain sebagai bahan bangunan kamu juga bisa menggunakan beton ini sebagai bahan baku dalam pembuatan pot bunga. Kamu bisa mengaturnya sedemikian rupa mulai dari bentuk dan penempatannya hingga menghasilkan taman yang indah di rumahmu.

Langkah-Langkah Pembuatan Pot Bunga dari Beton

Sebelum kamu memulai proses pembuatan pot bunga ini, yang perlu kamu tau kamu bisa membuat pot bunga ini dari beton apa saja. Hanya saja pasti kualitas yang kamu dapatkan tidak sekuat indokon. Berikut ini langkah yang harus kamu lakukan jika membuat pot bunga dari beton:

  • Buatlah Cetakan atau Pilihlah Cetakan yang Ada

Dalam membuat cetakan pot bunga kamu bisa menggunakan kaleng, ember, mangkok, triplek, kardus dan sebagainya. Kamu bisa membuat bentuk sesuai dengan keinginanmu dan juga sesuai dengan taman yang akan kamu buat.

Paling tidak kamu harus menyiapkan dua cetakan yang berbeda ukuran dan bentuk atau bisa lebih yaa. Menyesuaikan saja dengan kondisi taman yang akan kamu buat di rumah. Jangan buat cetakan yang rumit sehingga akan mengurangi nilai kekuatan maupun estetika dari pot bunga ini.

  • Melapisi Cetakan Itu Penting

Dalam proses pembuatan cetakan jangan lupa untuk melapisi cetakannya yaa gunakanya untuk mempermudah kamu melepaskan pot yang kamu buat dari cetakan nantinya. Untuk bahan kayu kamu bisa melapisinya dengan paste wax ataupun pasta mengkilap yang ada dalam cat mobil. Kemudian untuk bahan plastik kamu bisa memberikan pelumas atau minya.

Jangan lupa untuk membuat lubang dalam potnya, guna sebagai saluran drainase pot yang akan kamu buat.

  • Membuat Adonan Beton Instan

Sebagai bahan pembuatan pot kamu bisa menggunakan beton konvensional ataupun beton instan indokon untuk mempermudah pekerjaan kamu. Sebelum mencampurnya dengan air kamu harus menggunakan sarung tangan terlebih dahulu yaa untuk memberikan perlindungan pada tanganmu.

Ikuti aturan atau petunjuk yang ada dalam kemasan beton agar tidak salah dalam pencampurannya. Sehingga nantinya kita bisa mendapatkan adonan beton yang homogen.

  • Proses Pencetakan Adonan

Untuk proses pencetakkannya juga mudah jika kamu sudah siap dengan cetakan atau mold pot bunga sebelumnya. Kemudian tuangkan adonan ke dalam cetakan, tekan untuk membuat dasar permukaan pot lalu lanjutkan dengan pembuatan dinding pot sesuai dengan yang kamu inginkan.

  • Lanjutkan Dengan Proses Pendiaman

Setelah pencetakkan kamu akan memasuki proses pendiaman beton agar mengeras, kamu bisa mempelajari cara perawatan beton yang habis dicor untuk mendapatkan kekuatan yang maksimal. Salah satunya dengan merendamnya di dalam air apabila beton sudah di temperature ruangan selama 24 jam. Diamkan selama satu minggu atau lebih untuk proses pengerasan maksimal.

  • Pelepasan Beton dari Cetakan

Untuk melepaskan cetakan beton kamu bisa memukul bagian bawah secara perlahan dan kuat secara bergantian. Jika sudah terlepas kamu bisa membersihkan pot tersebut dengan air. Lanjutkan dengan proses finishing seperti pemberian cat dan merapikan permukaan pot.

Itulah tadi langkah pembuatan pot bunga bila menggunakan beton instan indokon, kamu juga bisa menggunakan adonan beton yang lain apabila mau. Bahan bangunan seperti beton instan ini bisa kamu dapatkan secara langsung atau langsung saja hubungi CS indokon. Yuk ciptakan hunian yang nyaman dengan menggunakan beton indokon, selain lebih hemat kamu juga bisa mendapatkan hunian yang kokoh dan taman yang indah dengan pot bunga buatan sendiri, selamat mencoba.

 


Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Pot Bunga dari Beton Instan Indokon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel