Doa-Doa Seputar Kematian

 

doa untuk orang yang meninggal

Sebagai makhluk yang bernyawa pada hakikatnya kita semua akan mengalami kematian dan meninggalkan dunia yang fana ini. Oleh karena itu, kita harus banyak mengingat kematian dan berupaya dengan keras untuk mengumpulkan bekal.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

Artinya : “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.”

Dari Abdullah Radhiyallahu Anhu dia berkata : Nabi Shollallahu Alaihi wa Sallam pernah membuat suatu garis persegi empat, dan menggaris tengah dipersegi empat tersebut, dan satu garis di luar garis segi empat tersebut, serta membuat beberapa garis kecil pada sisi garis tengah dari tengah garis tersebut. Lalu beliau bersabda : “Ini adalah manusia dan ini adalah ajalnya yang telah mengitarinya atau yang mengelilinginya dan yang di luar ini adalah cita-citanya, sementara garis-garis kecil ini adalah rintangan-rintangannya, jika ia berbuat salah, maka ia akan terkena garis ini, jika berbuat salah lagi maka garis ini akan mengenainya.” (HR. Bukhari)  (No. 6417 Fathul Bari) Shahih.

Bicara soal kematian, dalam tulisan kali ini akan memberikan beberapa doa yang berkaitan dengan kematian sebagai berikut:

Doa Ketika Mendengar Kematian Seseorang

Di dalam Al Quran surat Al-Baqarah ayat 156 terdapat doa ketika mengalami musibah atau mendengar kematian seseorang. Adapun doanya adalah sebagai berikut :

 

Innalillahi wa innailaihi raajiuun

 

Artinya : “Sesungguhnya semua ini hanyalah milik Allah, dan hanya kepadanya kami kembali.”

Doa Untuk Orang Yang Meninggal Dunia Berjenis Kelamin Perempuan

Adapun doa untuk orang yang meninggal berjenis kelamin perempuan adalah sebagai berikut,

Allahumaghfir laha warham ha wa’afi hii wa’fu anha wa akrim nuzula hu wa wassi’ madkhola ha waghsil hu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khotooyaa kamaa yunaqots tsaubal abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adhkhil hul jannata wa ‘aidz hu min ‘adzaabil qobri wa fitnati hi wa min ‘adzzabin naar.

Artinya : “Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya dan dari siksa api neraka.”

Doa Ketika Mengunjungi Kuburan

Assalamu ‘allaikum dara qaumin mu’munin wa atakum ma tuadun ghadan mu’ajjalun, wa inna insya Allahu bikum laahiquun.

Artinya : “Assalamualaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Allah yang sempat ditangguhkan besok, dan kami Insya Allah akan menyusul kalian.”

Doa Ziarah Kubur

Allahummaghfir lil muslimiina wal muslimaat, wal mukminiina wal mukminaat, al ahyaa’i minhum wal amwaat, min masyaariqil ardhi ilaa maghaaribihaa, barrihaa wa bahrihaa, khushuushan ilaa aabaa inaa, wa ummahaatina, wa ajdaadinaa, waa jaddaarinaa, wa asaatidzatinaa, wa mu’allimiinaa, wa li man ahsana ilainaa, wa li ashaabil huquqi ‘alaynaa.

Artinya:

“Ya Allah, ampunilah mukminin, mukminat, muslimin, muslimat, yang masih hidup, yang telah wafat yang tersebar dari timur hingga bara, di darat dan di laut, khususnya bapak, ibu, kakek, nenek, ustadz, guru, mereka yang telah berbuat baik terhadap kami, dan mereka yang masih memiliki hak terhadap kami.” 

 

Belum ada Komentar untuk "Doa-Doa Seputar Kematian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel