Menilik Beragam Manfaat Ampas Tahu yang Jarang Diketahui!

 

Ampas Tahu

Dalam proses produksi tahu, ada bagian yang tidak digunakan karena merupakan endapan dari kedelai yang disaring. Nah, endapan tersebut kemudian disebut dengan istilah ampas tahu. Anda tentu sudah pernah mendengarnya, bukan?

Konon, ampas tahu yang tersisa tersebut tidak banyak dimanfaatkan. Umumnya, ampas tahu hanya akan digunakan sebagai bahan campuran untuk pakan ternak saja. Padahal, jika ditelusuri, ternyata ada beragam manfaat yang bisa didapatkan dari ampas tahu ini.

Penasaran? Simak ulasannya!

Kandungan Ampas Tahu

Beberapa kalangan mengatakan bahwa ampas tahu tidak memiliki nilai gizi yang cukup sehingga tidak dimanfaatkan. Pendapat tersebut bukan merupakan pendapat yang tepat. Meskipun memang kandungan gizi ampas tahu tidak sebanyak tahu, di dalamnya masih terdapat aneka kandungan gizi yang bermanfaat.

Dalam 100 gram ampas tahu, terdapat beragam kandungan seperti:

·         Energi: 400 kkal

·         Protein: 26 gram

·         Karbohidrat: 18,9 gram

·         Lemak: 12 gram

·         Kalsium: 16 mg

·         Zat besi: 3 mg

·         Fosfor: 28 mg

·         Vitamin B1: 0,5 mg

Nah, dari poin di atas, bisa dikatakan bahwa kandungan gizi pada ampas tahu cukup banyak. Oleh karenanya, ampas tahu sebenarnya masih bisa dimanfaatkan untuk dijadikan olahan.

Ragam Manfaat Ampas Tahu

Seperti yang disinggung sebelumnya, ampas tahu ternyata masih memiliki kandungan gizi yang cukup banyak sehingga bisa dimanfaatkan untuk beragam hal. Adapun beberapa manfaat dari ampas tahu diantaranya adalah:

1.      Diolah menjadi tempe

Salah satu manfaat dari ampas tahu yang mulai banyak dibudidayakan adalah bisa diolah menjadi tempe. Jika Anda pernah mendengar jenis tempe gembus, terutama di daerah Jawa Tengah, maka ampas tahu merupakan bahan dasar pembuatannya.

Proses pembuatannya pun cenderung sama dengan pembuatan tempe kedelai pada umumnya yaitu dengan tambahan ragi. Hanya saja, tempe gembus memiliki karakter yang lebih lembut dan padat dibandingkan dengan tempe kedelai.

2.      Dibuat menjadi oncom

Cara lain untuk memanfaatkan ampas tahu adalah membuatnya menjadi oncom. Bisa dikatakan bahwa oncom merupakan sajian khas yang banyak diminati karena rasanya yang nikmat.

Nah, oncom bisa dibuat dengan cara yang cukup sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan ampas tahu, tepung tapioka, air bersih dan biang oncom sebagai bahan. Dengan campuran tersebut, Anda bisa membuat olahan yang nikmat dan memiliki kandungan gizi yang menarik.

3.      Produksi nata de soya

Pernah mendengar tentang nata de soya? Jika Anda mengerti nata de coco dibuat dari kelapa, maka nata de soya adalah sajian yang dibuat dari ampas tahu sebagai bahan dasar yang kemudian difermentasi. Tentu saja, ini adalah salah satu cara pemanfaatan ampas tahu yang modern dan bisa dijadikan opsi memanfaatkan ampas tahu.

Sekilas, nata de soya cukup mirip dengan nata de coco. Olahan ini memiliki warna putih bersih dan tekstur yang kenyal. Selain itu, tentu saja, rasa dari nata de soya pun bisa dikatakan lezat.

Nah, beberapa hal di atas adalah beragam pemanfaatan ampas tahu yang bisa Anda lakukan. Untuk tambahan referensi tentang ampas tahu, Anda bisa membaca ragam artikel gizi lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Menilik Beragam Manfaat Ampas Tahu yang Jarang Diketahui!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel