5 Fun Fact Hujan Yang Selama Ini Kamu Lewatkan

 

doa ketika hujan

Tahukah kamu jika hujan penting bagi keberlangsungan hidup? Banyak masyarakat yang mengeluh ketika hujan tiba. Hal ini dikarenakan saat hujan, banyak masyarakat yang terjebak dalam suatu daerah selama beberapa saat dan tidak dapat berpindah tempat. Bahkan tak jarang hujan banyak menunda pekerjaan yang seharusnya dilakukan karena faktor cuaca yang tidak mendukung. Sebab itu, adanya hujan penting bagi keberlangsungan makhluk hidup.

Hujan merupakan tetesan air yang jatuh ke bumi karena proses kondensasi maupun terbawa angin dari suatu tempat. Hujan sendiri ternyata sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Salah satu contohnya adalah konsumsi air yang penting bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Sebab itu, dalam agama Islam ketika hujan disarankan untuk memanjatkan doa ketika hujan sebagai bentuk syukur adanya hujan.

Berikut ini merupakan bacaan doa ketika hujan yang dapat diucapkan ketika hujan tiba :

اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Ya Allah kami mohon datangkan/turunkanlah hujan pada kami yang manfaat

Doa diatas merupakan doa ketika hujan yang dapat dibaca untuk meminta hujan yang turun ke muka bumi merupakan hujan yang bermanfaat dan tidak bersifat merusak. Dengan membaca doa ini maka kalian akan dijauhkan dari berbagai kegiatan yang bersifat merusak dari hujan itu sendiri.

Fan Act Tentang Hujan Berdasarkan Parenting Islami

Menurut sebuah artikel parenting islami ada banyak doa ketika hujan yang bisa dipanjatkan sesuai dengan kondisi hujan saat itu. Tetapi, apa sih sebenarnya yang kamu ketahui tentang hujan? Berikut merupakan faktanya

1.      Memiliki aroma yang khas

Pernahkah kamu merasa setelah hujan udara menjadi lebih segar dan menyenangkan? Hujan mampu membawa hawa segar ke masyarakat dan bisa mengeluarkan sebuah aroma khas yang apabila hujan tersebut menyentuh tanah. Dengan hujan udara akan terbarui sehingga akan bisa merefresh kondisi di sekitarnya.

2.      Hujan bayangan yang sering terjadi di gurun

Hujan juga terjadi di tempat terpanas yakni gurun. Bedanya, hujan yang terjadi di gurun akan menguap sebelum jatuh ke permukaan bumi. Hal ini dikarenakan suhu gurun yang tinggi menyebabkan proses penguapan air lebih cepat terjadi. Fenomena ini menyebabkan hujan seperti memiliki bayangan.

3.      Mampu memberikan warna segar di tumbuhan

Dedaunan yang terkena hujan cenderung memiliki warna yang lebih segar dari sebelumnya karena penyebab yang pertama adalah air hujan akan melarutkan kotoran yang menempel pada daun tumbuhan sehingga lebih terlihat kinclong. Selain itu, kandungan dalam tumbuhan akan membantu tumbuhan mendapatkan warnanya karena mendapatkan air hujan.

4.      Fakta dibalik ‘sunshower’

Sunshower atau hujan pada saat matahari sedang terik merupakan fenomena yang sering terjadi. Hal ini dikarenakan hujan badai yang disertai angin pada suatu darah akan membawa droplets ke suatu daerah yang tidak berawan yang menyebabkan hujan tetapi terik.

5.      Komposisi hujan

Ternyata hujan tidak mengandung air saja. Ada beberapa komponen lainnya seperti sulfuric acid dan metana dalam air hujan yang turun. Selain itu, hujan juga dapat menyentuh permukaan bumi dalam waktu 2 menit. Semakin kecil ukuran droplets dari hujan tersebut maka semakin lama droplets hujan mencapai permukaan bumi.

Belum ada Komentar untuk "5 Fun Fact Hujan Yang Selama Ini Kamu Lewatkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel